RSS Feed

chocolate

Pembuatan coklat mula-mula dipopulerkan oleh suku Maya dengan cara
ditumbuk dan dicampur air sebagai minuman. Kemudian bangsa Spanyol
menambahkan gula ke dalam minuman coklat sehingga enak dinikmati. M
elihat potensi coklat untuk bisa menjadi bisnis besar,
bangsa-bangsa lain mulai menanam dan mengembangkan tanaman cacao,
sehingga biji cacao mulai ditanam di Srilangka, Venezuela, Sumatra
dan Jawa. Indonesia termasuk salah satu negara penghasil coklat
terbesar di dunia…

Di abad ke 19, coklat mulai dikonsumsi dalam bentuk padat, dan
bangsa Swiss menambahkan susu ke dalam proses pembuatan coklat, sehingga kita sekarang mengenal jenis Milk Chocolate. Adalah Milton Hershey yang pertama mendirikan pabrik coklat sebagai bisnis yang serius dengan produknya yang memakai merek Hershey’s. Coklat yang kita kenal sekarang dalam berbagai macam bentuk, sebenarnya baru booming dalam 100 tahun terakhir ini.

Pembuatan coklat dimulai dari buah cacao yang bentuk dan besarnya
seperti buah pepaya bangkok. Setelah buah matang, dibelah, dan bijinya dikeluarkan. 1 buah cacao kira-kira memiliki 40-50 biji cacao yang bentuk dan besarnya seperti biji nangka. Biji cacao itu dijemur selama 5-7 hari sampai kering, kemudian dikirim ke pabrik pemrosesan coklat. Di pabrik, biji cacao diroasting selama beberapa jam. Cara, temperatur dan lamanya memanggang mempengaruhi aroma coklatnya. Tiap pabrik punya cara baku tersendiri. Setelah itu biji cacao dipecahkan kulit arinya sehingga tinggal bagian dalamnya, yang disebut cocoa nibs. Proses selanjutnya, cocoa nibs itu digiling dengan mesin penggiling sehingga menjadi seperti pasta, yang disebut cocoa liquor. Cocoa liquor diproses lagi menjadi cocoa powder atau eating chocolate (coklat siap makan) melalui satu
rangkaian proses yang rumit. Proses ini yang akan menentukan
kualitas akhir coklat tersebut.

Pembuatan coklat pada dasarnya akan menghasilkan 2
macam eating chocolate, yaitu Chocolate Couverture
yg beraroma coklat yang kuat, memiliki titik leleh yang rendah,
sehingga dia akan cepat lumer di dalam mulut atau di ruangan yang hangat, dan Chocolate Compound
yang memiliki aroma coklat yang kurang kuat karena kandungan coklatnya yang lebih rendah dan didalamnya ditambahkan vegetable fat (sejenis minyak sayur) dengan tujuan membuatnya lebih tahan terhadap hawa panas, sehingga lebih mudah dibentuk, mudah dalam penyimpanan dan transportasi, karena tidak mudah lumer.

5.GODIVA
harga: US$ 117 per pound
Godiva berasal dari salah satu negara yang dikenal untuk produk cokelat , Belgia. Produsen cokelat Godiva Chocolatier memperkenalkan koleksi baru cokelat, “G”. Seluruh koleksi memorabilia dari “G” terdiri dari berbagai bahan dan rasa seperti palet d’Or, madu Tasmania dan Meksiko Hot Chocolate. rasa Chocolate tergantung pada jenis permintaan.
4.RICHART
harga: US$ 120 per gram
cokelat Richart mungkin hanya peringkat keempat pada coklat paling mahal di dunia. Tapi khusus coklat Richart adalah 70 persen dari kakao Criollo Venezuela, yang diakui sebagai negara penghasil coklat dengan kualitas terbaik di dunia. Beberapa jenis cokelat Richart termasuk coklat dengan almond, raspberry, stroberi dan buah-buahan eksotis lainnya.
3.DEFLAFEE
harga : $ 504 per 450 gram
Untuk wanita yang penggemar emas, mungkin tergoda untuk mencicipi Delafee, coklat yang terbuat dari emas 24 karat berbentuk buah coklat dan setiap coklat dibuat oleh tangan. Delafee coklat terbuat dari gula, minyak kelapa, cocoa butter, susu bubuk dan vanili.
2.NOKA
harga: $ 854 per 450 gram
coklat Noka adalah kompilasi terbaik dari cokelat khusus hitam dari perkebunan di Venezuela, Pantai Gading, Trinidad dan Ekuador. Noka coklat adalah coklat dengan harga tertinggi kedua di dunia. Chocolate dibuat dari 75 persen kakao murni dengan campuran lain seperti mentega kakao dan gula.
Keunikan ini produsen cokelat tidak menambahkan semua jenis emulsifier atau rasa vanili dalam produk cokelat mereka.
1.chocopolagie
harga: $ 2,600 per 450 grams
Chocopolagie ditemukan oleh Fritz Knipschildt, koki yang belajar kuliner di Denmark. Pada tahun 1999, Knischildt menciptakan salah satu coklat yang paling lezat di dunia. Coklat paling mahal dihargai $ 250 per piece untuk truffle coklat gelap. Black truffle di dalamnya berasal dari Perancis dan hanya tersedia jika memesan di muka. Truffle terdiri dari 70 persen kakao Valhrona ganache dicampur dengan lembut, minyak truffle buatan tangan. Sebagai sentuhan akhir, truffle ditaburi dengan cocoa powder.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: